Sabtu, 03 September 2022

Dalil Yasinan dan Baca Surah Al Kahfi di Hari Jum'at

Sabtu, 03 September 2022

Berbicara kebiasaan masyarakat muslim indonesia tentu sangat banyak perbedaan. Dari segi amalan dan zikir di setiap muslim indonesia sangat banyak perbedaan, sepertihalnya kebiasaan pada malam jumat.

Mereka yang selalu mempermasalahkan baca Yasin di malam Jumat. Menurut mereka -dengan keterbatasan ilmu yang diajarkan ustaznya- Nabi cuma mengajarkan baca Al-Kahfi.

Seharusnya  jika mereka biasanya tekstual maka perhatikan dua hadis berikut:


Membaca Al-Kahfi Jumat Siang

أخرج الحاكم والبيهقي عن أبي سعيد الخدري، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ.

Dari Abu Said bahwa Nabi bersabda: “Barang siapa membaca Al-Kahfi di HARI  JUMAT maka Allah akan memberi cahaya antara dirinya dan Ka’bah (HR Al-Hakim dan Al-Baihaqi).


Yasin Malam Jumat


Ahli hadis Al-Hafidz As-Suyuthi di dalam kitabnya Al-Lum'ah fi Khashaish Al-Jumat menghimpun dalil-dalil amaliah yang dianjurkan di malam Jumat atau hari Jumat. Diantaranya:

الحادية والستون: قراءة يس ليلتها

Kekhususan No 61 adalah membaca Yasin di malam Jumat

أخرج البيهقي في الشعب، عن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " من قرأ ليلة الجمعة حم الدخان، ويس، أصبح مغفوراً له " 

Al-Baihaqi meriwayatkan dalam Syuab Al-Iman dari Abu Hurairah, Nabi bersabda: "Barang siapa membaca di MALAM JUMAT surat Hamim Ad-Dukhan dan Yasin, maka ia diampuni"

وأخرجه الأصفهاني بلفظ: " من قرأ يس في ليلة الجمعة غُفر له " .

Al-Ashfihani meriwayatkannya dengan redaksi: "Barang siapa membaca Yasin di MALAM JUMAT maka ia diampuni"

Andaikata masih bersikukuh bahwa hadis-hadis diatas adalah daif, maka kita ikut mayoritas ulama yang membolehkan mengamalkan hadis daif. Katanya mengaku Salafi kok tidak mau dengan hadis daif padahal ulama Salaf menerima dan mengamalkan hadis daif dalam hal keutamaan amal?.

Oleh sebab itu kita harus saling menghormati kebiasaan yang selain kita kerjakann. Sebeb mereka memiliki dalil yang mungkin kita tidak tahu.

Demikian yang sahabtnow rangkum semoga bermanfaat. Terimakasih


Sumber: KH. Ma'ruf khozin

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar