Rabu, 24 Agustus 2022

Cara Mengecek Ke Anggotaan Partai Politik Atau Tidak Pemilu 2024

Rabu, 24 Agustus 2022


Pemilu serentak yang akan dilaksanakan tahun 2024 saat ini tahapannya sudah dimulai.

Tahapan yang sedang berjalan saat ini adalah pendaftaran partai politik peserta pemilu.

Menurut keterangan surat edaran Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, yang tertera dalam sura edaran tersebuta  mengatakan, salah satu syarat administrasi bagi parpol adalah memiliki anggota sekurang-kurangnya 1.000 (seribu) orang atau 1/1.000 (satu per seribu) orang dari jumlah Penduduk pada kepengurusan Partai Politik tingkat kabupaten/kota dengan kepemilikan KTA dan KTP-el atau KK anggota Partai Politik.

 

Nah, mungkin banyak masyarakat yang tidak tahu, apakah dia saat ini masuk sebagai anggota parpol atau tidak.  Bisa saja partai politik mencamtumkan edentitas msyarakat untuk kepentingan pendftaran parpol tersebut. Dalam sistem informasi partai politik (Sipol) warga tersebut tercatat sebagai anggota parpol, tapi warga itu merasa tidak pernah mendaftar atau didaftarkan oleh parpol tertentu.

Oleh sebab itu masyarakat harus tau apakah identitasnya masuk dalam anggota parpol atau tidak. untuk itu masyarakat segera mengecek perihal keanggotaan parpol tersebut. Caranya, masyarakat tinggal membuka link:

https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik

jika bapak/ibu terdaftar dalam ke anggotaan partai politik bapak/ibu berhak melaporkan ke KPU setempat atau melalui link

https://helpdesk.kpu.go.id/tanggapan

informasi lebih lanjut, keanggotaan yang tidak memenuhi syarat sebagai anggota Parpol adalah Anggota TNI/Polri, ASN, Penyelenggara Pemilu, Kepala Desa, Jabatan lain yang dilarang Perundang-undangan, Belum berusia 17 tahun dan belum pernah kawin.

Demikin informasi sahabatnow.com yang dapat bisa informasikan semoga bermanfaat.

  

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar