Sabtu, 05 Maret 2022

Langkah-langkah Verval dan Validasi PIP Tahap 1 Tahun 2022

Sabtu, 05 Maret 2022


Kabar baik untuk sekolah madrasah dibawah Kementrian Agama Islam Republik Indonesia bahwa Kementerian Agama kembali akan menyalurkan bantuan sosial Program Indonesia Pintar (PIP) bagi siswa Madrasah di Tahun Anggaran 2022 ini. Bagi Madrasah yang ingin mendapatkan PIP tahap 1 2022, madrasah diminta melakukan pemutakhiran data siswa penerima PIP melalui Aplikasi SIPMA (Sistem Informasi Program Indonesia Pintar Madrasah). Hal ini tentunya untuk meningkatkan ketepatan sasaran penerima bantuan PIP tahun anggrana 2022.

Demikian sebagian isi surat edaran Ditjen Pendis Kemenag Nomor: B-450.1/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/02/2022. Surat ini terbit tertanggal 25 Februari 2022 ini memiliki pokok surat Verifikasi dan Validasi Data Siswa Tahap 1 Penerima PIP Tahun 2022.


Program Indonesia Pintar merupakan bantuan berupa uang tunai yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP). Siswa madrasah pun mendapatkan bantuan PIP ini, meski secara kuantitas penerima kerap dikeluhkan madrasah.


Terkait verifikasi dan validasi data siswa penerima PIP Tahap 1 Tahun 2022, sebagaimana salinan surat edaran yang Ayo Madrasah terima, validasi menggunakan basis data siswa penerima bantuan PIP tahun sebelumnya, 2021, yang sudah melakukan aktivasi rekening dan sinkron dengan data EMIS  updating Semester Genap Tahun ajaran 2021/2022.


Berikut ini Langkah-Langkah Verifikasi dan Validasi PIP Madrasah Tahap I Tahun 2022


Bagi Madrasah melakukan verifikasi dan validasi data siswa melalui aplikasi SIPMA yang dapat diakses pada laman : https://pipmadrasah.kemenag.go.id Proses untuk verifikasi dan validasi mengikuti petunjuk di dalam aplikasi verval PIP kemudian Madrasah melakukan konfirmasi data hasil verval apabila telah selesai melakukan verifikasi dan validasi data.


Langkah-langkah masuk aplikasi verval PIP Madrasah tahap 1 tahun 2022


  1. Operator Madrasah Masuk pada laman https://pipmadrasah.kemenag.go.id (Menggunakan username : NSM dan password : 123456)
  2. Setelah login, hal pertama yang harus di lakukan adalah ganti password
  3. Terdapat 3 Menu utama yang harus diperhatikan :
    Menu Nominasi : adalah data siswa calon penerima PIP Madrasah tahap 1 Tahun 2022 yang sudah sinkron dengan EMIS semester genap tahun pelajaran 2021/2022, sudah aktivasi rekening dan masih terdaftar aktif di madrasahnya
    Menu Validasi : adalah data siswa yang sudah sinkron dengan EMIS, tetapi harus divalidasi lagi kelayakan dan keaktifannya
    Menu Residu : data siswa yang tidak sinkron dengan data yang ada di EMIS dikarenakan penulisan Nama Siswa atau tempat tanggal lahir dan atau Nama Ibu berbeda dengan EMIS.
setelah semuanya di cek mulai dari Nominasi, Validasi, dan Residu sudah di perbaiki semua maka dan dinyatakan benar semua atau singkron semua  langkah selanjutnya adalah dengan melakukan Konfirmasi Siswa Penerima PIP Tahap 1 Tahun 2022.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar