Rabu, 02 Februari 2022

Ini Cara China Membangun Ekonomi Bisa Menjadi Terbesar kedua Di Dunia

Rabu, 02 Februari 2022


ilustrasi Negara China

Negara Yang dikenal dengan sebutan Negara Tirai Bambu ini sudah menjelma menjadi negara yang memiliki salah kekutan ekonomi yang terbesar di Dunia saat ini. Hal ini dikarenakan pemerintah china sudah lama menargetkan untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar dunia setelah Amerika serikat. 

Kondisi ekonomi negara yang dipimpin langsung Presiden Xi Jinping ini juga kuat meski sedang mengalami tekanan akibat meningkatnya berbagai tantangan. Termasuk perang dagang dengan AS yang sudah berlangsung selama dua tahun terakhir.

Lantas Kenapa ekonomi China Bisa Melesat Menjadi Yang Terbesar di Dunia saat Ini?

Pertama Reformasi Ekonomi China

Kesuksesan China ini berawal dari serangkaian reformasi ekonomi yang dilakukan di era Deng Xiampong pada tahun (1978-1989). sejak itu ekonomi china tumbuh menjadi 10 persen rata-rata per tahun

Kedua Masuknya China Ke WTO

Masuknya Negara China ini ke organisasi perdagangan dunia (WTO) pada tahun 2001 semakin mengukuhkan posisi china sebagai bagian dari pusat manufaktur dalam perdagangan dunia. Negara China menjadi destinasi eskpor terbesar dari 33 negara dan menjadi sumber impor manufaktur dan perdagangan terbesar dari 65 negara di dunia.

Baca Juga: 5 Negara Yang Menaganut Paham Komunis di Dunia

pada tahun 2010, China mengambil alih posisi jepang sebagai negara dengan perekonomian terbesra kedua di dunia, hingga tahun 2015 sampai 2017 negara china menjadi sumber investasi terbesar kedua di dunia dan menjadi negara penerima aliran dana investasi terbesar kedua di dunia. 

Terakhir Fakator Majunya ekonomi yang dimiliki negara tersebut adalah ?

  • Tidaka ada masalah struktural dinegara tersebut
  • kondisi politik negara yang cenderung stabil 
  • infrastruktur yang dimiliki cukup memadai
  • memiliki jaringan pabrik, pemasok, layanan logistik dan infrastruktur tranfortasi
  • didukung uang dan teknologi dari jepang, taiwan, dan hongkong
  • mempunyai tenaga kerja yang banyak, murah, cerdas dan memilki akses hampir tanpa batas ke pasar gelobal
  • memiliki kemapuan reverse engineering atau terbiasa membeli, bongkar, amati, tiru dan modifikasi terhadap semua produk teknologi terbaru. 
itulah mengapa negara china sampai saat ini menjadi kekutan ekonomi global terbesar kedua dunia setelah Amerika Serikat. 


Related Posts

3 komentar: