Rabu, 23 Februari 2022

Cara Login Dan Edit Data Peserta Didik Di Verval PD Tahun 2022

Rabu, 23 Februari 2022

 

saat melakukan pengimputan atau pengisian data – data peserta didik di Dapodik para operator sekolah tidak jarang menemui kejadian seperti kesalahan penulisan data peserta didik seperti NISN dan lain sebagianya.

Untuk mengatasi kesalahan tersebut, dinas pendidikan memberikan akses yang bisa membantu para operator sekolah yang akan memperbaiki atau melakukan edit ulang pada data peserta didik. Nama aplikasi tersebut  adalah verval PD.

Mengenal tentang Verval PD

Verval PD memiliki kepanjangan Verifikasi dan Validasi Peserta Didik merupakan aplikasi yang membantu melakukan verifikasi dan validasi Nomor Induk Siswa Nasional atau dikenal NISN.

NISN itu sendiri merupakan nomor unik yang diberikan kepada para peserta didik yang mana 1 NISN hanya dimiliki oleh satu siswa. Dengan menggunakan aplikasi verval PD operator sekolah bisa melakukan perbaikan atau mengedit data NISN hingga sesuai dengan data yang sebenarnya.

Verval PD dapat diakses dengan membuka link https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/

Pada verval PD ini terdapat perbedaan antara kemdikbud dengan kemenag, antara lain yaitu terdapat di sumber data peserta didik dan verifikasi & validasi data.

1.       Sumber Data Peserta Didik

Terdapat perbedaan sumber data pada Kemdikbud dan Kemenag. Kemdikbud memperoleh data peserta didik yang ada di Verval PD dari aplikasi Dapodik. Sedangkan satuan pendidikan yang berada di bawah Ditjen pendidikan Kemenag memperoleh data peserta didik dari aplikasi EMIS yang dikelola oleh Kemenag.

2.       Verifikasi dan Validasi Data

Operator sekolah memiliki kewenangan untuk melakukan verifikasi serta validasi data peserta didik pada Verval PD Kemdikbud. Tetapi  pada Kemenag Verval PD dikelola oleh operator madrasah yang hanya sebagai pengguna atau user. Yang dapat melakukan proses verifikasi dan validasi hanyalah operator pada Kemenag dan Kabupaten.

Tujuan dan Fungsi dari Verval PD

Dalam pembuatannya verval PD memiliki tujuan tertentu yang telah dirancang untuk memberikan kemudahan bagi operator sekolah. Tujuan dari pembuatan sistem ini adalah untuk mengelola data pelajar di seluruh Indonesia antar tingkat pusat dan daerah yang menjadi semakin mudah dan kuat. Verval PD adalah aplikasi yang menunjang upaya pengelolaan pendataan pendidikan di Indonesia

Fungsi Verval PD adalah untuk mengajukan NISN bagi peserta didik yang belum memiliki NISN, untuk mencari dan menyocokkan NISN dari peserta didik yang datanya berbeda atau lupa NISN sehingga belum diinput di dalam Dapodik, melakukan pemilihan NISN mana yang digunakan yang terbaru apabila ditemukan NISN ganda, melakukan perbaikan data dari individu peserta didik NISN apabila terdapat kekeliruan.

Cara Melakukan Registrasi Operator Untuk Verval PD

Sebelum masuk login di aplikasi Verval PD, harus melakukan pendaftaran atau registrasi terlebih dahulu. Yang nantinya akun  yang sudah didaftarkan akan digunakan untuk login di verval PD.

Berikut ini langkah – langkah untuk melakukan registrasi pada verval PD antara lain:

(1) pertama, silahkan kunjungi website resminya dengan menggunakan salinan tautan https://sdm.data.kemdikbud.go.id/ .

(2) kedua, jika sudah maka akan muncul tampilan baru dan klik pada bagian “Registrasi Anggota” kemudian klik pada pilihan “operator Sekolah”

(3) ketiga, setelah itu silahkan isi kolom registrasi sebagaimana permintaan yang harus dilengkapi.

(4) keempat, apabila seluruh kolom telah terisi dan dokumen yang diminta untuk diunggah , lalu klik “Registrasi”.

(5) biasanya  aktivasi dari pendaftaran atau registrasi dari operator sekolah ini berlangsung selama 1x24 jam.

(6) Langkah selanjutnya, bisa dilakukan pengecekkan pada keesokkan harinya untuk mengetahui hasil dari registrasi dengan cara buka situs yang sama seperti di atas lalu buka bagian “Status Pendaftaran”

(7) Silahkan menggunakan akun email untuk mengakses sistem dan melakukan pengecekkan sistem pendaftaran

(8) Apabila terdapat pada tampilan layar bertuliskan “Akun sudah aktif, silahkan login” . Hal ini berarti proses registrasi sudah berhasil dilakukan. Dengan demikian anda sudah bisa melakukan login untuk melakukan berbagai keperluan di verval PD.

Cara Login ke akun Verval PD

Jika sudah berhasil melakukan pendaftaran atau registrasi maka sekarang bisa melanjutkan proses login aplikasi. Berikut ini cara untuk login ke akun Verval Pd sebagai berikut:

 

(1)  pertama, silahkan klik tautan https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ untuk mengakses verval PD, lalu kemudian silahkan input alamat email dan juga password sama dengan yang digunakan pada saat registrasi.

Jangan lupa untuk menuliskan kode captcha sesuai dengan petunjuk. Setelah semua kolom terisi dengan lengkap silahkan klik “Log in”.

2. Setelah login maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Contoh Tampilan Verval PD

3. Pada laman tersebut terdapat beberapa menu penting yang di antaranya menu data, pengolahan, dan pengajuan. Apabila ingin melakukan perubahan identitas peserta didik maka silahkan klik “Edit Identitas”

4. Lalu untuk melihat data dari peserta didik yang bermasalah silahkan cek pada bagian “Residu” dengan melihat keterangan pada bagian silang merah.

5. Dan untuk melihat data dari peserta didik yang sudah sesuai dengan data yang telah diinput di dalam aplikasi Dapodik maka dpat dilihat melalui menu Data dengan cara klik pada bagian “Peserta Didik”

Itulah langkah – langkah untuk melakukan pendaftaran atau registrasi dan login di aplikasi verval PD Dapodik.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar