Minggu, 30 Januari 2022

5 Negara Komunis Terakhir di Dunia

Minggu, 30 Januari 2022
Gambar Ilustrasi negara komunis

Memasuki jaman yang serba canggi dan demokratis, sampai saat ini ada lima negara yang sistem negaranya masi tetap menggunakan ediologi komunisme. Komunis sendiri adalah sebuah ediologi ekonomi dan politik yang menggunakan sistem tanpa kelas. Dengan sistem ini sember kekayaan dan seumber daya harus merata tanpa terkecuali, dengan pemerintah memastikan setiap warga mendapat hak yang sama. 


Mengutip halaman Word Population Review Ediologi ini banyak ditolak diberbagai negara yang menganut sistem kapitalis dan demokratis baik di eropa, amerika dan asia. Namun pada kenyataannya masi ada negara yang menganut sistem komunis yang diterapkan pada negaranya. Berikut lima negara yang masi menganut sistem komunis terakhir di dunia. 


1. China

China merupakan negara komunis terbesar didunia yang masi bertahan sampai saat ini. Rezim komunis di negara china dimulai pada tahun 1949. Pada saat itu pasukan komunis pimpinan Mao zedong mengalahkan pasukan nasionalis pada perang saudara pada saat itu pula memproklamasikan berdirinya negara Republik Rakyat Tiongkok. 


2. Koroe Utara 

Pada dasarnya negara Korea Utara menolak disebut negara yang menganut sistem komunis di negaranya, namun sampai saat ini Korea Utara masi termasuk salah satu negara terakhir yang menganut sistem komunis didunia. Negara yang dipimpin oleh Kim Jong-un ini menganut paham kumonisme yang dikenal sebagai "juche". 


3. Vietnam

Vietnam telah dipimpin oleh rezim komunis sejak 1975, kala negara tersebut bersatu kembali setelah Perang Vietnam. Vietnam merupakan salah satu negara dengan satu partai, yang negaranya dipimpin oleh Partai Komunis Vietnam. Namun, seiring berjalannya waktu, negara-negara komunis seperti Vietnam mengalami perubahan  komponen ideologi.


4. Kuba

Kuba merupakan satu-satunya negara komunis barat. Sejak 1959 silam, Kuba telah berada di bawah kekuasaan komunis. Kala itu, Fidel Castro merebut kekuasaan dari diktator militer Fulgencia Batista. Casto kemudian memimpin Kuba hingga pensiun pada 2008.


5. Laos 

Sama seperti Vietnam, Laos telah dipimpin oleh rezim komunis sejak 1975 silam. Partai Revolusi Rakyat Laos (LPRP) merupakan partai komunis di negara tersebut. Namun, pemerintah Laos tak secara terbuka mengakui komunisme sebagai ideologinya.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar