Kamis, 21 Januari 2021

EMPAT PEPERANGAN PENTING AGAMA ISLAM

Kamis, 21 Januari 2021

   


  Islam adalah agama yang dibawa oleh nabi dan utusan Allah SWT. Namun dalam mensyiarkan agama Allah SWT para utusan dan Nabi tidak lah mudah seperti membalikkan telapak tangan, dibalik perjuangn para nabi dan rasul ada tantangan yang diliwati olehnya sehinnga islam tumbuh besar hingga saat ini. Ada beberapa peperangan yang sangat penting untuk kita ketahui hususnya bagi ummat Islam. Diantara peperangan yang sangat penting dalam permulaan sejarah islam yaitu:

1. Perang Badar Kubro, karena dalam peperangan ini kaum muslimin memperoleh kemenangan telak. 

    diantara kebaikan islam dalam peperangan ini adalah keputusan nabi Muhammad SAW tentang penebusan tawanan hanya dengan imbalan jasa mengajar. Sedangkan kebaikan budi Nabai Muhammad SAW dalam peperangan Ghothfan adalah sikapnya yang membiarkan orang yang akan membunuhnya.

2. Perang Uhud, dalam peperangn ini kaum muslimin pada mulanya memperoleh kemenangan, tetapi kemenangan itu kemudian berbalik menjadi kekalahan, karena kelengahan yang dilakukan oleh pasukan-pasukan pemanah.

3. Perang Khondaq/Akhzab, dalam perang ini orang-orang musrik Quraisy berkoalisi dengan orang-orang yahudi, tetapi mereka tidak dapat menyerang Madinah, karena tertahan oleh parit dan angin badai.

4.  Perang Khoibar, dalam perang ini Ali bin Abi Tholib mendapat ujian baik, dan kaum muslimin memperoleh kemenangan.

    Diantara pesan penting nabi Muhammad SAW adalah pesan beliau pada pasukan perang mut'ah yaitu beliau melarang pasukan membunuh pendeta-pendeta, kaum wanita, anak-anak kecil, orang-orang usia lanjut dan melarang menebang pohon-pohon.  

Semoga atikel yang saya bagikan bermanfaat untuk pembaca......aminnnn

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar